bengkel gile

bengkel gile

Selasa, 31 Mei 2011

trik airbrush dengn hasil sempurna


Dalam seni lukis modern, air brush dikenal sebagai salah satu seni lukis yang relative belum lama berkembang dibandingkan dengan seni lukis konvensional, air brush dapat dikatakan sangat berbeda terutama pada alat yang di gunakan. Pada peralatan air brush digunakan sprayer dalam melukis. Seniman air brush lebih mengenal dengan sebutan pen (pena atau pulpen). Dewasa ini teknik ini dilakukan dengan memadukan kerja dari tiga peralatan utama yakni, pompa, tangki udara dan pen. Pompa menghasilkan udara yang ditampung dalam tangki udara. Udara yang terkumpul dalam tangki semakin lama semakin tinggi tekanannya kemudian dikeluarkan melalui pen dalam bentuk dorongan angin. Dengan bantuan angin dari tangki udara, cat dapat keluar dalam butiran-butiran yang sangat halus.
Air brush adalah teknik yang mudah diterapkan dalam pembuatan karya lukis khususnya, sebab sudah menggunakan tenaga mesin jadi sangat memudahkan dalam pengerjaannya baik dari pembuatan desain misalnya bisa menggunakan teknik cetakan dengan cara membuat desain lalu dipotong – potong sesuai bentuk desainnya. Air brush dapat diterapkan dalam media apapun seperti media kain, kayu, plat mobil, motor dan sebagainya. Pemakaian jenis warna tergantung pada media yang akan di air brush. Untuk dapat melukis air brush dengan baik yang paling dasar perlu di ketahui adalah mengenal karakteristik hasil semprotan air brush, dalam melakukan penyemprotan perlu mengetahui penyemprotan air brush, karakteristik semprotan air brush akan berbeda pada jarak tertentu hasilnyapun akan berbeda. Untuk mengatur pengeluaran cat dari pen kita dapat memposisikan jarum pada posisi pengeluaran sedikit, sedang, dan banyak. Disini kita harus teliti untuk mendapatkan semprotan yang diinginkan dengan mengatur keluarnya warna. Dengan teknik air brush ini hasil karya yang kita dapat berbeda dengan melukis konvensional, hasilnya lebih rapi dan permukaannya lebih halus.
Dalam catatan sejarah seni lukis modern air brush baru berkembang pada akhir abad ke 19 tahun 1879 dikenal sebagai tahun penemu teknik melukis yang di kenal teknik air brush/ alat yang digunakan untuk mengaplikasikan cat di atas media lukis disebut paint distributor. Orang yang berjasa menemukan alat ini adalah Abner Peeler seorang warga Webster cityIowa, Amerika Serikat. Peeler adalah seorang penemu profesional yang sepanjang hidupnya melakukan berbagai percobaan salah satu penemuannya adalah peralatan air brush, satu bulan setelah alat ini ditemukan Peeler berhasil menggunakannya untuk melukis wajahnya sendiri. 



Di Indonesia, air brush diperkenalkan oleh para seniman pendatang dari Belanda bersamaan dengan datangnya mereka ke negeri jajahan. Hanya, yang patut disayangkan adalah tidak adanya catatan sejarah yang akurat akan hal ini. Bahkan perkembangan air brush cenderung jalan ditempat (stagnan). Para seniman air brush yang sudah mahir sangat menjaga kerahasiaan ilmu dan keterampilannya dengan berbagai alasan agar tekniknya tidak ditiru orang. Tidak heran jika seniman air brush meninggal, ia pun membawa serta ilmunya ke alam baka sebelum sempat mewariskannya kepada orang lain.

1. Pompa dan tangki udara atau kompresor
Biasanya pompa dan tangki udara dibuat dalam 1 paket yang disebut dengan kompresor. Kompresor berfungsi untuk menghasilkan angin dengan tekanan yang cukup tinggi. Alat ini terdiri dari sebuah unit mesin yang digunakan dengan tenaga listrik, bahan bakar bensin atau solar, dan sebuah tangki penampung udara.Pompa dan tangki udara atau kompresor adalah alat pokok dalam air brush. Ada cara lain yaitu modifikasi alat yang murah meriah, anda cukup membeli sebuah pompa yang digerakkan dengan kaki. Yang digabung dengan tangki sebagai tabung penyimpan udara.

2. Pen
Pen menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam air brush karena pen adalah tempat untuk menaruh warna atau pengganti kuas untuk menerapkan warna pada media yang di air brush. Ada tiga jenis pen yakni single action (internal mik), dobble action (internal mik). Pen tipe single action bekerja dengan gerakan tunggal artinya cat dan tekanan angin keluar secara bersama-sama hanya dengan satu gerakan pada triggel atau tombol. Pen single action (internal mik) melakukan pencampuran dan pemaduan cat atau angin sebelum keduanya mencapai bagian head, sedangkan pen single action ekternal mik melakukan pencampuran cat dan angin sesudah keduanya melewati head. Biasanya pen tipe single action digunakan pada pengecatan keramik yang tidak terlalu membutuhkan pengecatan warna gradasi. Pen tipe doble action. Bekerja dengan gerakan ganda. Biasanya dengan menekan triggel kearah bawah akan keluar angin, sedangkan ketika triggel ditarik kearah belakang, yang keluar adalah cat jika keduanya digerakkan bersama, cat akan keluar dengan didorong dengan tekanan angin. Pada pen tipe ini seluruhnya melakukan pencampuran cat dan tekanan angin sebelum mencapai head. Pada air brusher biasanya memaki pen tipe double action alasannya adalah masalah praktis. Biasanya ketika seorang air brusher sedang mengerjakan sebuah lukisan banyak debu yang menempel. Cukup dengan menekan trigel kearah bawah, tekanan angin akan keluar dan mengusir debu diatas media lukis tanpa mengeluarkan cat.

3. Perangkat pengaman
Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dikemudin hari, air bruher sebaiknya menggunakan perangkat pengaman seperti:
o Masker berguna untuk mencegah berbagai penyakit dari partikel-partikel cat yang masuk melalui hidung, sangat beresiko buruk karena dapat merusak paru-paru. 
o Sarung tangan untuk menjaga kebersihan tangan dari bahan kimia cat, agar tidak masuk kedalam pori-pori kulit yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. 

4. Kuas Tipis 
Penggunaan kuas secara keseluruhan akan mendukung kualitas yang dihasilkan. Kuas ini untuk membuat lukisan lapisan rambut ,efek gerak dan serat – serat pada bulu ayam atau burung. 

5. Cutter 
Cutter digunakan untuk memotong cetakan yang terbuat dari kertas agar bentuk cetakan terpotong baik dan rapi. 

6. Alat Tulis 
Alat tulis yang digunakan diantaranya adalah pensil. Pensil digunakan untuk membuat sketsa gambar yang akan dituangkan dalam lukisan Air brush. Penggaris digunakan untuk mengukur sisi bagian-bagian cetakan sehingga lukisan yang dibuat proporsional bentuknya.

1 komentar: